10.17.2012

Mendeteksi kecepatan internet

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Cara mendeteksi kecepatan internet pada komputer kita. Cara ini saya tujukan kepada para pemula, atau yang belum terbiasa dengan jaringan internet. 

Mendeteksi kecepatan data transfer pada computer kita yang terhubung pada jaringan Internet dapat dilakukan dengan menggunakan perintah “cmd/Command Prompt”. 
Command Prompt adalah sebuah perintah dos yang terdapat pada OS windows yang dapat memudahkan user dalam menjelajahi windows baik secara online maupun offline, dan aplikasi ini bisa juga disalahgunakan oleh seorang cracker untuk menjalankan aksi-aksinya hanya dengan menggunakan command prompt. 

Cara ini hanya berfungsi untuk mengdeteksi saja, bukan untuk mempercepat proses transfer data. Urutan perintahnya adalah sebagai berikut :
  1. Buka Program. Ketik “cmd” pada menu search/Run.
  2. Sesudah keluar tampilan”cmd” ketik ping 8.8.8.8 –t –l 1.
Ping(Packet Internet Group) yang berfungsi untuk melihat apakah ada hubungan antara komputer yang satu dengan yang lainnya dengan cara mengirimkan sejumlah packet data, Ping mengirimkan IP data ke suatu host dan mengukur waktu round trip dan menerima respon.

Gbr 01. Layar perintah pada Run/Search
                                     
 
Gbr 02. Layar cmd 

Kenapa kita harus mengetik ping 8.8.8.8 –t –l 1? 
Ping dimasudkan menghubungkan jaringan komputer yang kita gunakan, dan 8.8.8.8 adalah Domain Name server (DNS) dari google. Jadi diartikan menghubungkan computer kita dengan DNS google. 

Pada layar “cmd” akan muncul alamat dari DNS sever dan kecepatan transfer data per-bytesnya. Semakin kecil time transfer per bytes, semakin bagus data yang kita terima. Angka –t –l 1 berarti meminta packet data secara berulang untuk beban sebesar 1 bytesnya. 

Domain Name System (DNS) adalah ”Distribute Database System” yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan protokol TCP/IP. DNS merupakan sebuah aplikasi services yang biasa digunakan di Internet seperti web browser atau e-mail yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address. 

Kegunaan DNS: 
Ketika komputer client mencari komputer lain (X) dijaringan berbeda & tidak tahu berapa nomor IP Address-nya, maka komputer Client membutuhkan pertolongan komputer DNS Server untuk memberi tahu berapa nomor IP Address komputer X berdasarkan nama domain yang kita kirimkan ke komputer DNS Server.

Semoga bermanfaat.
Sumber :
1. Google.com
2. Data pribadi
Bookmark and Share it:

No comments:

Post a Comment


Flag Counter