4.06.2013

Who want to be Indonesian President 2014

Tahun 2014 adalah tahun demokrasi terbesar yang akan dilangsungkan di Indonesia atau yang disebut juga sebagai tahun politik. Pada tahun itu Presiden dan Wakil Presiden akan dipilih langsung oleh sekitar 200 juta hak pilih warga Indonesia. Namun dapatkah kira mengira ngira siapa yang akan terpilih nanti? Berikut kandidat-kandidat yang saya peroleh dari berbagai sumber, baik yang sudah mendeklarasikan secara langsung ataupun yang masih malu malu kucing. 

Kiprah juragan mebel yang jadi Gubernur 
Ir. H. Joko Widodo lahir di Surakarta, 21 Juni 1961, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jokowi, adalah merupakan salah satu pengusaha sukses yang sekarang menjadi seorang Gubernur DKI. 

www. sosok.kompasiana.com
Berdasarkan survei yang dirilis Pusat Data Bersatu (PDB) sungguh mengejutkan. Survei membuktikan, elektabilitas “wong Solo” bernama Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi sangat tinggi, bahkan paling tinggi di antara nama-nama lain yang kemungkinan akan diusung dalam bursa calon Presiden/Wakil Presiden RI periode 2014-2019.
Kemudian survei yang dilakukan Publica Research&Consulting, Jokowi menempati di urutan pertama sebagai kandidat capres dengan elektabilitas terbaik dengan perolehan 16 persen suara. Di bawahnya bertengger nama Prabowo Subianto dengan poin 7,9 persen. 

Jejak darah Sang Proklamator 
Dyah Permata Megawati Setyawati Sukarnoputri atau umumnya lebih dikenal sebagai Megawati Soekarnoputri atau biasa disapa dengan panggilan "Mbak Mega" lahir di Yogyakarta, 23 Januari 1947. 

www.starbulletin.com
Menurut survei LSI Network yang dirilis pada 17 Maret 2013, Megawati meraih elektabilitas tertinggi sebagai capres dengan perolehan 20,7 persen, di atas Aburizal Bakrie yang mendapat 20,3 persen, Prabowo Subianto 19,2 persen, dan Wiranto 8,2 persen. 

Sedangkan Centre for Strategic and Internasional Studies (CSIS), dalam surveynya mengatakan bahwa Megawati merupakan figur yang paling dikenal di masyarakat dibandingkan tokoh politik lainnya dengan meraup sekira 91,6 persen.


Putra Bone yang bersinar
Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla lahir di Watampone, Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, 15 Mei 1942 atau sering ditulis Jusuf Kalla saja atau JK, adalah mantan Wakil Presiden Indonesia yang menjabat pada 2004 – 2009 dan Ketua Umum Partai Golongan Karya pada periode yang sama. 

Seperti diketahui nama Jusuf Kalla merupakan salah satu nama kuat sebagai salah satu kandidat capres dalam Pilpres mendatang. Namun JK memang saat ini belum memiliki kendaraan politik untuk maju di 2014 mendatang, karena Partai Golkar sejak awak sudah menyatakan akan mengusung Ketua Umumnya Aburizal Bakrie dalam Pilpres 2014. Namun masih menurut Centre for Strategic and Internasional Studies (CSIS), dalam surveynya mengatakan bahwa Jusuf Kalla paling dikenal dinomor dua dengan 84,6 persen suara sesudah Megawati Sukarnoputri.

Dari Lapindo sampai Telekomunikasi
Ir. H. Aburizal Bakrie lahir di Jakarta, 15 November 1946 adalah pengusaha Indonesia yang sukses dan merupakan Ketua Umum Partai Golkar sejak 9 Oktober 2009. 

Nama Aburizal Bakrie, calon presiden dari Partai Golkar, tenggelam dalam temuan survei Lembaga Survei Indonesia (LSI). Nilai ARB, singkatan Aburizal, bahkan sangat jelek. Tidak mampu mencapai nilai 60 dari skala 1-100 yang ditetapkan LSI.
Dari 24 tokoh nasional yang disodorkan LSI, ada enam tokoh yang dianggap tidak lolos uji kualitas. Keenam tokoh tersebut adalah Aburizal Bakrie, Anas Urbaningrum, Wiranto, Suryadarma Ali, Sutiyoso, dan Muhaimin Iskandar.





Warisan Ksatria Idjon Djanbi 
Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto Djojohadikusumo, lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951 adalah seorang mantan Danjen Kopassus, pengusaha dan politisi. 


Berdasarkan Ramalan dibanyak artikel yang menjadikan ramalan notonegoronya jayabaya sebagai referensi, siapa calon presiden yang paling potensial untuk menang di Tahun 2014 mendatang, Prabowo mendapatkan nilai tertinggi. Hal tersebut diperkuat dengan survey dari lembaga Soegeng Sarjadi Syndicate, Prabowo meraih suara terbanyak dengan suara 25,8 persen atau yang paling populer di antara kandidat lain.

Putra Madura yang cemerlang
Prof. Dr. Mohammad Mahfud M.D., S.H., S.U. lahir di Sampang, Madura, Jawa Timur, 13 Mei 1957 adalah Ketua Mahkamah Konstitusi periode 2008-2011 dan Hakim Konstitusi periode 2008-2013. 

www. Makasaronline.blogspot.com
Sosok Mahfud MD memang menjadi magnet tersendiri dalam bursa calon presiden. Selain Partai Hanura, Partai Nasdem juga mengakui terus memantau Mahfud MD. Hanya saja, NasDem masih belum bisa memastikan apakah akan menggaet bekas ketua Mahkamah Konstitusi itu ataukah ada pilihan lain nantinya. 

Dari sekian banyak calon presiden yang beredar, yang membuat saya heran adalah bahwa setiap hasil survey menghasilkan nilai yang berbeda pada tiap tiap calon. Hal ini yang kiranya membuat pertanyaan, apakah lembaga survey yang beredar ini cukup idenpenden ataukah ada agenda lain yang tersembunyi. Patut dipertanyakan memang.

Tapi dengan adanya survey yang telah diplubikasikan, menjadikan kita sedikit tahu, kira kira mau dibawa kemana masa depan Indonesia dimasa datang.

Sumber :
  1. www.wikipedia.com
  2. www.politik.news.viva.co.id, www.merdeka.co
  3. www.tribunnews.com, www.tempo.co.id
  4. www.google.com 
Bookmark and Share it:

No comments:

Post a Comment


Flag Counter