3.31.2013

Mengenal Harta Tahta dan Wanita (Bag.2)

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
WANITA

Gambar Ilustrasi
Dalam pandangan Islam sesungguhnya wanita adalah karunia Allah, dan merupakan mutiara yang mesti dijaga. Bersamanya, kaum laki-laki akan mendapat ketenangan, lahir maupun batinnya. Darinya akan muncul energi positif yang sangat bermanfaat berupa rasa cinta, kasih sayang dan motivasi hidup. Laki-laki dan wanita menjadi satu entitas dalam bingkai rumah tangga. Kedunya saling membantu dalam mewujudkan hidup yang nyaman dan penuh kebahagian, mendidik dan membimbing generasi manusia yang akan datang. Allah berfirman;


وَمِنْ آيَا تِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مَنْ أَنْفٌسِكُمْ أَزْوَاجًالِتَسْكُنُواإِلَيحهَاوَجَعَلَ نَينَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحمَةإِفِي ذَلِكَ لآيَاتِ لِقَومٍ يَتَفَكَرُونَ

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS. Al Rûm : 21)

وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًاوجَعَلَ لَكٌمْ مِنْ أَزْوَاجِكُم بَنِينَ وَحَفَدَةً وَرَزَقَكُمْ مِنَ الطيَّبَاتِ أَفَبِالْبَاطِلْ يُؤْمِنُونَ وَبِنِعْمَتِ اللٌّهِ هُمْ يَكْفٌرُونَ

"Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezki dari yang baik-baik. Maka mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah?.” (QS. An Nahl :72)

هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسُ لَهُنْ
“Mereka (istri-istri) adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka.” (QS. Al Baqarah : 187)

Namun wanita bisa menjadi penggoda atau katakan saja bencana ataupun fitnah, jika seorang suami tidak mampu mengendalikan keinginan seorang wanita yang dicintainya. Tidak jarang karena rasa cinta dan sayang pada seseorang wanita menyebabkan seorang pria menyimpang dari aturan, misalnya menyalahgunakan kekuasaan, menyelewengkan kepercayaan rakyat, dalam bentuk korupsi, pemanfaatan keuangan negara untuk kebutuhan diri sendiri, dan kiat-kiat lain yang merugikan masyarakat, bangsa dan negara.

Dahsyatnya fitnah wanita telah disebutkan dalam Al-Qur’an dan Hadits. Bahkan surat ‘Ali Imran 14 menempatkan wanita sebagai urutan pertama yang banyak dicintai oleh manusia dan pada saat yang sama menjadi fitnah yang paling berbahaya untuk manusia.

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَتِ مِنَ النِّسَاءِوَالْبٌنِينَ وَالْنَطِيرِالْمُقَنطَرَةِ مِنَالدَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّ مَتةِ وَاْلأَنْعَمِ والْحَرْثِ,ذَلِكَ مَتَعُ الْحَيَوَةِالدُّنْيَا, وَاللَّهُ عِنْدَهُ وحُسْنٌ الْمَعَابِ

“ dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, Yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)” QS Al Imran ayat 14.

Kesimpulan : 

  1. Harta adalah titipan dari Allah Swt, sehingga wajib bagi kita untuk lebih sadar bahwa titipan pada waktunya akan diambil oleh pemiliknya yaitu Allah Swt.
  2. Tahta atau yang lebih umum disebut jabatan, adalah amanah dari Allah Swt, sehingga wajib bagi kita untuk menjaga amanah itu dengan sungguh sungguh dan sepenuh hati, karena pada waktunya nanti akan diminta pertanggung jawaban sejauh mana kita menggunakan jabatan yang kita punya. Apakah kita gunakan untuk kebaikan umat, atau justru untuk menyengsarakan umat didunia.
  3. Cantik, muda dan mempesona adalah anugrah yang diberikan Allah Swt kepada kaum Hawa/wanita. Hakekatnya segala anugrah yang diberikan itu digunakan dan dipelihara dengan baik. Janganlah dengan kelebihan itu kita jadi tergoda untuk memiliki ataupun memanfaatkanya untuk hal hal yang besifat buruk.
  4. Ingatlah bahwa sesungguhnya apa apa yang dilebihkan oleh Allah Swt kepada umatnya merupakan amanah dan titipan. Sehingga ada waktunya nanti dimintakan pertanggung jawabannya.

Semoga kita selalu dalam lindungan, petunjuk, rahmat dan inayah dari Allah Swt, Amin Ya Rabbal Alamin.

Sumber :
  1. Doddy Koesdijanto : new.drisalah.com/index.php/inspirasi/25-pemimpin-dalam-islam.html
  2. www.voa-islam.com
  3. www.Arabic-key.com
  4. www.Google.com

Bookmark and Share it:

No comments:

Post a Comment


Flag Counter