5.01.2013

Merubah Warna Background Postingan di Blog

Setelah sekian lama mengutak atik dan mencoba coba warna apa yg cocok untuk background postingan, yaitu berbekal browsing di google, ternyata dari sekian banyak kode script template yang saya dapatkan tidak ada yang cocok. Mungkin disebabkan karena jenis blog yang saya punya adalah yang bertipe baru, apalagi dengan layout Edit Template yang berbeda dari yang model lama. Nah, pada gambar dibawah ini, adalah gambar area background postingan yang akan saya rubah warnanya(saya kotakin dengan warna pink), dimana warna existing adalah transparant.
Gambar 01. Background Existing
Karena dasar itulah saya mencoba merubah kode template yang saya punya untuk merubah background postingan. Ternyata hal tersebut tidaklah rumit. Trik ini saya per-untukan buat blogger yang mempunyai model Theme atau Template yang sejenis dengan yang saya punya. Berikut langkah langkahnya :
  1. Yang pertama dan pasti adalah log-in ke blog dahulu, baru kemudian edit HTML di menu Template.
  2. Kalau di layout yang dulu kita msh bisa mencentang kode Expand Widget, namun untuk yang sekarang langsung kita tekan Control+F saja, untuk mencari script yang akan kita edit.
  3. Setelah tekan Control+F, masukan “main background”.
  4. Muncul gambar seperti gambar 02.
  5. Ganti nilai warnanya seperti pada Gambar 02, yang sudah saya kasih garis merah. Contoh: default="#000000" dan value="#000000".
  6. Kalau sudah, coba di Preview/Pratinjau.
    Gambar 02. Script pada Template
   7. Kalau sudah sesuai dengan kemauan, baru di save. 
Gambar 03. Background Posting telah berubah

Semoga bermanfaat.
Bookmark and Share it:

No comments:

Post a Comment


Flag Counter