9.16.2012

Daya Listrik untuk Rumah (Bag.1)

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai Daya listrik untuk rumah, ada baiknya kita pelajari dahulu apakah yang dimaksud dengan Daya Listrik tersebut. Baiklah, berikut keterangan mengenai Daya Listrik yang saya peroleh dari berbagai sumber.

Dalam segala hal, Daya listrik digunakan untuk keperluan dan penggerak roda kehidupan oleh umat manusia dibumi ini. Dari pemakaian untuk penerangan, penggerak mesin mesin, catu daya perangkat elektronik dan masih banyak lainya. Namun pernahkah kita tahu, apa yang dimaksud dengan Daya Listrik itu? 

Daya sendiri kalau diartikan adalah sebuah laju dilakukanya usaha, sedangkan Daya dalam ilmu fisika (S)adalah laju energi(W) yang dihantarkan atau kerja yang dilakukan persatuan waktu(s).

Sedangkan listrik sendiri menurut halaman Wikipedia, adalah merupakan sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. Sedangkan muatan listrik sendiri merupakan muatan dasar yang dimiliki suatu benda, yang dalam Satuan Internasional dilambangkan dengan Q atau Coloumb. Sehingga kalau diartikan menurut penjelasan diatas Daya listrik (W) adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik yang bisa disebut juga dengan energi listrik yang dihantarkan.




P = Watt
V = Volt/beda potensial/tegangan.
I = Ampere/kuat arus.

Namun untuk Daya listrik dalam Satuan Internasional(SI) dilambangkan dengan P atau Watt, yang diartikan sebagai jumlah beda potensial dikalikan dengan kuat arus yang melalui suatu peralatan.

Voltmeter Analog, 0-500 Volt 
Beda potensial merupakan besarnya perbedaan jumlah elektron dalam suatu penghantar/materi, yang dapat diukur dengan menggunakan Voltmeter. Sebagai contoh sederhana adalah ketika terdapat 3 atau 4 utas kabel yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik(genset), maka kita dapat mengukur besarnya beda potensial antara kabel tersebut, yang biasa kita dengar istilah Volt, dan juga merupakan Satuan Internasional(SI) untuk beda potensial atau tegangan.
Contoh ; 220 Volt, 380 Volt, dst.

Kuat arus merupakan banyaknya muatan listrik yang mengalir yang diakibatkan oleh pergerakan elektron dan mengalir melewati satu titik dalam penghantar persatuan waktu. Kuat arus dapat diukur menggunakan Amperemeter.


TO BE CONTINUED
Bookmark and Share it:

No comments:

Post a Comment


Flag Counter